Cari

12 Agustus 2024

Forum Grup Diskusi (FGD) Operator MI di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Malang: Pemantapan Data dan Kebijakan

Forum Grup Diskusi (FGD) Operator MI di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Malang: Pemantapan Data dan Kebijakan

 

Operator MI KKM Wajak dalam FGD Operator se Kabupaten Malang

mifdawajak.sch.id - Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan data madrasah, Kementerian Agama Kabupaten Malang menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) dengan para operator Madrasah Ibtidaiyah (MI) di lingkungan kementerian tersebut. Kegiatan ini memasuki hari ke dua dan dipimpin oleh Pak Bachi dalam sesi pembukaan pada Senin, (12/08/2024).

Pak Bachi membuka acara dengan mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan memulai kegiatan dengan pembacaan Al-Fatihah. Beliau berharap informasi yang disampaikan oleh narasumber dapat dipraktikkan oleh para operator di lembaga masing-masing. Selain itu, beliau mengingatkan peserta untuk memperhatikan paparan materi yang akan disampaikan, serta menginformasikan adanya sesi tanya jawab yang akan membahas berbagai permasalahan terkait EMIS (Education Management Information System), VervalPD (Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik), dan isu-isu kebijakan lainnya.

Pemateri: Pak Hafid, Operator Pendma Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Sesi utama diskusi dipandu oleh Pak Hafid, operator Pendma Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, yang berasal dari Blitar dan bertugas sebagai PIC EMIS Jawa Timur. Dalam pemaparannya, Pak Hafid menjelaskan tentang pentingnya pengelolaan data yang terintegrasi melalui beberapa sistem, seperti EMIS, Erkam, dan Izop.

Pak Hafid menekankan bahwa pengelolaan data di tingkat lembaga memiliki proporsi aksi sebesar 80% dan analisis sebesar 20%. Di tingkat kabupaten, aksi dan analisis dibagi sama rata, masing-masing 50%. Sedangkan di tingkat kanwil, porsi analisis lebih dominan, yaitu 80%, sementara aksi hanya 20%.

Evaluasi data dari semester genap tahun pelajaran 2023/2024 menunjukkan bahwa dari 1.114 lembaga di Kabupaten Malang, terdapat 1.110 lembaga telah menyelesaikan Berita Acara Pengerjaan (BAP), dengan 4 lembaga yang tidak melakukan BAP karena sudah proses mengajukan penutupan, yang berarti 99,86% sudah tuntas.

Dalam proses pengelolaan data, tahapan penting meliputi kelulusan siswa, kenaikan tingkat, input data siswa, dan pengelompokan rombongan belajar (rombel). Data ini kemudian menjadi dasar bagi peserta AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) di jenjang MI pada kelas 5.

Integrasi dan Validasi Data

Pak Hafid juga mengingatkan bahwa profil madrasah tidak bisa diubah melalui menu profil, tetapi harus melalui VervalSP (verifikasi dan validasi satuan pendidikan). Selain itu, EMIS tidak berdiri sendiri, tetapi terintegrasi dengan aplikasi lain..

Selain itu, dalam hal Program Indonesia Pintar (PIP) Kemenag, siswa penerima diambil dari data Kemensos, dan madrasah tidak memiliki kewenangan dalam pendataan PIP. Namun, madrasah dapat meningkatkan peluang siswa mendapatkan PIP dengan mengunggah data KIP, PKH, dan sejenisnya.

Peningkatan Validitas Data dan Kebijakan BOS

Pak Hafid menekankan bahwa mulai tahun depan, siswa yang masuk Erkam BOS harus valid, bukan residu, dan sudah ber-NISN. Lembaga yang menerima siswa titipan dari lembaga tidak ber-Izop akan dikenai sanksi pembekuan BOS dan akun Erkam selama dua tahun, serta data siswa akan dihapuskan dari sistem.

Sesi ini diakhiri dengan penekanan pentingnya mengikuti jadwal pengisian EMIS di setiap semester untuk memastikan data yang diinput sudah lengkap dan valid. Dengan adanya diskusi ini, diharapkan para operator MI dapat lebih memahami dan mengimplementasikan kebijakan dan teknis pengelolaan data dengan lebih baik di lembaga masing-masing.

 

-------------------------------------



"MADRASAH LEBIH BAIK, LEBIH BAIK MADRASAH"
"MADRASAH HEBAT BERMARTABAT"
"MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI "
"MADRASAH MAJU BERMUTU MENDUNIA"

MI MIFTAHUL HUDA
JALAN SUMBER ILMU SUMBERNONGKO SUMBERPUTIH
KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG 65173
JAWA TIMUR - INDONONESIA

#mifdawajak #militerasi #literasi #gelem 
#gerakanliterasimadrasah
#gerakanliterasiguru #gerakanliterasisiswa

 

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA !
SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT ...