Cari

03 Agustus 2024

Literasi Sabtu Pahing : Muhadhoroh Sebagai Wadah Unjuk Kreasi Pelajar MI Literasi Miftahul Huda

Literasi Sabtu Pahing : Muhadhoroh Sebagai Wadah Unjuk Kreasi Pelajar MI Literasi Miftahul Huda

mifdawajak.sch.id - MI Literasi Miftahul Huda menggelar kegiatan bertajuk Gebyar Kreasi "Literasi Muhadhoroh" pada hari Sabtu, (03/08/2024) di Auditorium MI Literasi Miftahul Huda Sumberputih.

Program unggulan MI Literasi adalah Kegiatan Literasi Madrasah. Literasi muhadhoroh adalah salah satu program unggulan yang dilaksanakan setiap hari sabtu pahing (kalender jawa). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara setelah Literasi Qur'an atau Literasi Jum'at Legi yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

Pada kesempatan ini, pelajar yang bertigas sebagai pelaksana adalah pelajar kelas 6A dan 6B. Ada berbagai kreatifitas yang ditampilkan dalam kegiatan muhadhoroh meliputi puisi, qiroah dan sari tilawah, pidato 3 bahasa (Indonesia-Arab-Inggris), tari islami, tari kreasi modern, drama.

Selaku guru pembimbing muhadhoroh kelas 6 adalah Bpk. Hadi susanto, S.E. selaku wali kelas 6B dan Ibu Munawaroh, S.Pd. selaku wali kelas kelas 6A. Selain itu selaku penanggungjawab kegiatan muhadhoroh adalah Ibu Ainul Mufarrihah, S.Pd.

Kegiatan berlangsung meriah, satu demi satu penampilan di pertunjukkan dengan menarik. Hingga penonton begitu antusias menikmati setiap penampilan.

Muhadhoroh di awali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) yang dipandu oleh pelajar kelas 6B, yakni Habibaah dan Syifa. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan sari tilawah oleh Nafis dan Naila.

Penampilan dibuka oleh tari islami "Ana Yalli Bahebak" yang dipersembahkan oleh pelajar kelas 6A. Penampilan Puisi 3 bahasa ditampilakan masing-masing oleh Saifulloh (Bahasa Arab), Rara (Bahasa Inggris) Nabita (Bahasa Indonesia).  Selain itu pembacaan puisi dipersembahkan oleh Naura Kelas 6A, dan Syifa Kelas 6B.

Penampilan tari islami dari kelas 6B mempersembahkan tari bernuansa islami dengan iringan musik "Kun Anta". Kemudian pelajar kelas 6 juga menampilkan tar kreasi modern bertajuk "Dola-Dola", "Cakra", serta "Tari Kreasi Modern Kecak Bali".

Tak kalah meriah, kelas 6A menampilkan drama kabaret bertajuk "Santri Vs Preman" yang menarik perhatian penonton dan membuat suasana semakin meriah.

Sebelum melaksanakan muhadhoroh, kegiatan diawali dengan literasi pagi, yakni pembacaan tadarrus qur'an, sholawat, sholat dhuha berjamaah, serta hafalan asmaul husna. Literasi pagi merupakan kegiatan literasi di MI Miftahul Huda yang dilaksanakan setiap hari sebelum awal pembelajaran di kelas.

Adapun tujuan literasi pagi adalah menanamkan pendidikan spiritual pada pelajar di awal hari, saat kondisi pelajar masih fresh. Sehingga diharapkan bisa menjadi pembiasaan yang akan selalu dilaksanakan pelajar. (admin)

Dokumentasi Kegiatan Literasi Muhadhoroh


















"MADRASAH LEBIH BAIK, LEBIH BAIK MADRASAH"
"MADRASAH HEBAT BERMARTABAT"
"MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI "
"MADRASAH MAJU BERMUTU MENDUNIA"

MI MIFTAHUL HUDA
JALAN SUMBER ILMU SUMBERNONGKO SUMBERPUTIH
KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG 65173
JAWA TIMUR - INDONONESIA

#mifdawajak #militerasi #literasi #gelem 
#gerakanliterasimadrasah
#gerakanliterasiguru #gerakanliterasisiswa

 

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA !
SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT ...